Bhakti Penganyar Pemerintah Kabupaten Klungkung di Pura Tirta Empul dan Pura Puncak Penulisan

Sabtu,19/10/19

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta didampingi Ny. Sri Kasta pimpin rombongan Pemkab Klungkung dalam kegiatan bakti Penganyar pada Karya Tawur Mesapuh Agung, Mupuk pedagingan, Panyegjeg Jagat lan Pujawali Ngusaba Kapat di Kahyangan Jagat, Pura Tirta Empul, Desa Manukaya Let, Tampaksiring, Gianyar pada Sabtu, (19/10/2019).

Bendesa Adat Manukaya Let I Made Mawi Arnata menyatakan upacara ini digelar karena sebelumnya sempat dilakukan renovasi di beberapa bagian palinggih pura setempat. Penyarikan Desa Adat Manukaya Let I Made Kuntung menambahkan, pihaknya memang sengaja menutup kawasan utama mandala dan madya mandala pura, mengingat areal itu sebagai tempat berlangsungnya prosesi karya tersebut.

Adapun beberapa ritual penting akan dilaksanakan pascapuncak karya ini yakni Masapuh-sapuh di Pura Anyar dan Ida Bhatara Tedun Kabeh pada Saniscara Pon Matal, Sabtu (5/10). Selain itu, Ida Bhatara Katuran Melasti di Pantai/Segara Desa Keramas, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar pada Soma Kliwon Uye, Senin (7/10). Karya Ageng Wali Pura Pucak Tirta Empul, lanjut Mapapada Wawalungan/Atos, Munggah Canang Karya Puja Wali Pura Tirta Empul pada Redite Umanis Menail, Minggu (13/10). Puncak Karya Ageng Wali Pura Tirta Empul, Mapapada Bagia Pula Kerti, Ngebat Daun, Ngenteg Linggih, Nangun Ayu, Ida Bhatara Katuran Mapeselang pada Soma Paing Menail, Senin (14/10).

Selanjutnya, Karya Nyenuk Ngingkup pada Wrespati Kliwon Menail, Kamis (17/10). Ida Bhatara Katurang Ngeluhur, Nyineb Arca Pralingga (Ngeluhur) pada Buda Umanis Prangbakat, Rabu (23/10). Nyegara Gunung, Pamuput Karya Puja Wali ring Pura Tirta Empul pada Wrespati Wage Bala, Kamis (30/10).
Penyarikan Desa Adat Manukaya Let I Made Kuntung menyatakan Pura ini diempon ayah arep dari Desa Adat Manukaya Let 149 KK dan Balu Angkep dan sekaa-sekaa sekitar 300 KK. Pengemong pura meliputi krama Desa Adat Calo dan Desa Adat Tegal Payang, Desa Pupuan, Kecamatan Tegallalang. Desa Adat Penempahan dan Desa Adat Manukaya dan Desa Adat Malet, Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring.

Dihari yang sama, Rombongan Pemkab Klungkung juga mengadakan Kegiatan Ngayarin pada Karya Nyatur Bwana Ring Pura Puncak Penulisan Gunung Wangun Urip Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli. Manggala Karya I Wayan Jasa mengatakan rangkaian Karya Nyatur Bwana sudah dimulai sejak Soma Kliwon Uye, 7 Oktober 2019 dengan kegiatan nanceb rompok. Dilanjutkan dengan nanginag sunari pada Wraspati Pon, Uye 10 Oktober 2019, Mendak Inda Bhatara, Mepade Wewalungan dan Puncak Karya pada Redite Umanis Menail, 13 Oktober 2019 dan Ida Bhatara Mesineb pada Wraspati Paing, Prangbakat, 24 oktober 2019 mendatang.

Kehadiran rombongan Pemkab Klungkung dalam melaksanakan Kegiatan Nganyarin disambut hangat oleh pengempon Pura. Rombongan Pemkab Melakukan persembahyangan bersama pengempon Pura Setempat yang dipuput pemangku setempat.

“Semoga Karya yang sedang berlangsung dapat berjalan dengan lancar dan baik, serta dapat mensejahterakan pengempon dan Masyarakat Bali pada Umumnya,” Harap Wabup Kasta seusai melaksanakan Persembahyangan.

SALAM GEMA SANTI

Source : Humas Protokol Klungkung

Tinggalkan komentar